Pengembangan PTS Terkendala Akreditasi

Media Indonesia, halaman 11

Pengembangan mutu perguruan tinggi swasta masih terhalang dengan rendahnya nilai akreditasi. Dari 4.300 jumlah PTS dengan 23.700 program studi, sekitar 60% PTS yang ada masih terakreditasi minimal atau C.

Direktur Penjaminan Mutu pada Direktorat Jendral Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristek Dikti, Prof Aris Junaidi mengatakan saat ini di Indonesia baru sekitar 40% yang terakreditasi unggul, A atau B. Aris mengatakan masih banyaknya PTS yang terakreditasi minimal menunjukan adanya disparitas kualitas. Oleh karena itu, pemerintah terus berupaya meningkatkan mutu PTS yang masih rendah kualitasnya dengan memberikan fasilitas agar PTS berkualitas minimal bisa meningkat.

Salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan mutu PTS di daerah, menurut Airs, ialah dengan memberikan block grand kepada perguruan tinggi yang sudah unggul untuk membina program studi (prodi) pada perguruan tinggi sekitarnya. Selain itu, imbuhnya, dilakukakan pula penguatan di Kopertis yang khusus menangani peningkatan kualitas perguruan tinggi yang masih terakreditasi C. Aris menambahkan sebaiknya, apabila PTS tidak mau meningkatkan status akreditasinya, akan terkena sanki beruba larangan mengeluarkan ijazah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s