Vokasi Jangan Abaikan Kualitas

Kompas, halaman 13

Pertumbuhan pendidikan vokasi di jenjang sekolah menengah kejuruan perlu dikendalikan dengan mengutamakan kualitas pembelajaran yang membekali siswa dengan ilmu pengetahuan dasar, keterampilan teknis dan karakter. Penambahan jumlah SMK yang tidak memperhitungkan sisi kebutuhan dunia industri hanya akan membuat lulusan SMK menganggur.

Direktur Pendidikan Tinggi, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Amich Al-humami, Senin (19/9), mengatakan, pada 2015, jumlah SMK tercatat 12.689. pada tahun ini, jumlahnya bertambah jadi 13.150 atau dalam setahun bertambah 461 SMK. Adapun SMK dengan kualitas yang dinilai baik dan layak untuk menjadi rujukan hanya sekitar 1.350 institusi. Dalam lima tahun kedepan sejak 2015, ditargetkan 1.650 SMK sebagai sekolah rujukan. Sekolah ini menjalin kerja sama dengan minimal 75 dunia usaha/ industri, memiliki guru dengan paket keahlian, dan jumlah siswa minimal 1.000.

Direktur Pembinaan SMK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Mustaghfirin Amin mengatakan, ada 6.000 SMK kecik yang memiliki 100-200 siswa, terutama yang diberikan pihak swasta. Amich mengatakan pengembangan SMK, terutama di bawah Kemendikbud, selama ini dengan pendekatan suppy driven. Terlihat bahwa program keahlian yang dibuka lebih banyak tak berdasarkan potensi industri yang ada di daerah. Karena itu, harus ada keberanian dari Kemendikbud untuk meminta pemerintah daerah agar jangan mudah memberi izin pembukaan SMK yang tidak sesuai potensi industri yang ada.

Dalam pendidikan di SMK, ujar Amich, dua sistem pendidikan, yakni di dalam kelas dan di industri lewat magang, harus dipastikan berjalan berjalan dengan baik. Perlu penjaminan mutu yang di sepakati bersama agar sekolah mampu menyelenggarakan pembelajaran yang baik sehingga siswa menguasi ilmu pengetahuan dasar. Selain itu, juga perlu peningkatan kecerdasan kognitif dan berpikir kritis. Demikian pula dengan kompetensi sosial.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s