Asosisasi Guru Protes Standar Hasil UKG Naik

Suara Pembaruan, halaman 16

Direktur Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Dirjen GTK) Sumarna Suraparanata belum lama ini membuat kebijakan baru. Isinya, peningkatan batas nilai syarat kelulusan Uji Kompetensi Guru (UKG) dari 40 menjadi 80, dan ketentuan dapat mengulang ujian sertifikasi bagi guru yang tidak lulus ujian.

Menyikapi hal itu, Sekjen Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) Retno Listyarti mengatakan, jika ada aturan atau kebijakan baru harusnya disosialisasikan terlebih dahulu dan dilakukan uji coba sebelum diterapkan menyeluruh. Retno menyebut, jika langsung diberlakukan, bisa dibilang sebagai tindakan kesewenangan penguasa. Pasalnya, suatu kebijakan pendidikan semestinya tidak top down dan hanya bersandar pada restu Wakil Presiden (Wapres).

Retno menuturkan, sebagai organisasi guru, jaringan FSGI hingga daerah tidak pernah mengetahui adanya sosialisasi. Mereka baru mengetahui dari media ketika telah ditetapkan sebagai kebijakan baru. Untuk kenaiakan ini, Retno mengatakan, terlalu dipaksakan. Pasalnya semula ditargetkan angka UKG delapan atau 80, pada 2019. Hal ini sesuai dengan peningkatan hasil UKG pertahun yang berdasarkan data. Pada 2012 UKG ditetapkan 4,2, 2014 ditetapkan4,7, dan 2015 sebesar 5,5 atau 55. Dijelaskan Retno, secara logika 2016, Kemendikbud seharusnya menetapkan hasil UKG 6,5 atau 64 dengan kenaikan 0,5 setiap tahun, sehingga ketika 2019 tapat 80.

Selain itu, Retno menegaskan, jika membangun kualitas guru tidak bisa dengan UKG dan tidak bisa juga dengan Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG). Sebab dalam membangun kualitas guru, diperlukan suatu program pelatihan guru melalui pemetaan, sesuai kebutuhan guru yang dilakukan secara terncana dengan sangat baik, dan berkesinambungan. Ia menegaskan, pemerintah jangan hanya melatih soal perubahan kurikulum, tetapi soal peningkatan kualitas pendidikan. Sebab kualitas pendidikan murid sangat bergantung pada guru.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s