NTB Kembangkan Pendidikan

www.republika.co.id

Kepala Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang Kemendikbud Nizam, di kantor Bappeda, Mataram, NTB, Senin (19/9) mengatakan, Indonesia bersama Australia telah menetapkan kabupaten mitra implementasi program Inovasi untuk Anak Sekolah Indonesia (Inovasi) di Provinsi NTB periode 2016-2019. Sebagai provinsi pertama mitra inovasi di Indonesia, implementasi di NTB akan dilakukan di enam kabupaten, yaitu Lombok Utara, Lombok Tengah, Sumbawa, Sumbawa Barat, Dompu, dan Bima.

Awalnya, implementasi program inovasi direncanakan hanya akan dilakukan di dua kabupaten. Namun, mengingat antusias kepala daerah setempat, jumlahnya ditambah menjadi enam kabupaten. Selanjutnya, tim inovasi akan menyelenggarakan roadshow dan pertemuan tindak lanjut di enam kabupaten tersebut. Tujuannya untuk memperkenalkan program kepada para pemangku kepentingan lokal dan memfasilitasi masing-masing kabupaten dalam mengembangkan potensi serta permasalahan sektor pendidikan.

Konselor untuk kerja sama bidang pembangunan manusia Kedutaan Besar Australia, Sarah Lendon, mengatakan, program Inovasi berkomitmen mengidentifikasi masalah dan solusi bersama dengan kabupaten mitra. Melalui program ini, pihaknya akan mendukung upaya Pemerintah Indonesia meningkatkan pendidikan dengan secara langsung mendukung pembelajaran di kelas, seperti melakukan kegiatan percontohan dan mereplikasi solusi inovatif di sekolah dan kabupaten.

Tim inovasi akan bekerja bersama guru, orang tua, kepala sekolah, pengawas, pemerintah kabupaten, dan pemangku kepentingan lainnya dalam upaya rintisan terobosan. Nantinya akan ada penelitian tindakan kelas, kapasitas guru dalam penilaian dalam kelas, dan memberikan umpan balik siswa, pelaporan, dan umpan balik ke seluruh pemangku pentingan. Termasuk di dalamnya orang tua terkait dengan pembelajaran dan kinerja siswa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s