Sekolah Full Day Butuh Pemetaan

Koran Sindo, halaman 15

Rencana pemerintah memulai program sekolah sehari penuh (full day school/FDS) kembali mendapatkan kritik tajam. Sejumlah sekolah menyatakan penolakannya atas kebijakan tersebut. Kalangan Dewan juga mengingatkan bahwa rencana tersebut membutuhkan kesiapan anggaran dan sumber daya manusia (SDM) agar dapat berjalan optimal.

Anggota Komisi X DPR Reni Marlinawati mendesak agar pemerintah terlebih dahulu memetakan secara komperhensif data sekolah di provinsi yang akan diujicobakan penerapan sekolah full day. Reni mengatakan harus ada data konkret mana sekolah yang secara teknis bisa menjalankan program FDS dan mana sekolah yang tidak/belum mampu menerapkan program ini. Dia menjelaskan, mengusulkan ide FDS untuk mengatasi persolan moral dan akhlak anak didik bukanlah satu-satunya cara. Sebab saat yang bersamaan, ide FDS ini juga memiliki tantangan dan persoalan di lapangan, mulai soal fasilitas pendukung, SDM, hingga anggaran.

Sempat menjadi polemik berkepanjangan sejak dilontarkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy (7/8), gagasan FDS dipastikan bakal teralisasi. Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa sekolah sehari penuh akan diuji coba di beberapa provinsi, terutama di sekolah-sekolah perkotaan yangs secara teknis sudah siap.

Staf Ahli Mendikbud Bidang Pembangunan Karakter Arie Budhiman mengungkapkan, implementasi sistem sekolah sepanjang hari dilaksanakan bertahap dengan memperhatikan keberagaman sekolah-sekolah yang meliputi aspek keterwakilan wilayah, inisiatif sekolah dan daerah, sekolah pelaksana Kurikulum 2013, akreditasi, serta negeri dan swasta.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s