Dukungan USAID Membuahkan Hasil

Kompas, halaman 12

Peningkatan mutu dan relevansi pendidikan tinggi di Indonesia masih menjadi pekerjaan rumah yang harus dituntaskan di tengah keterbatasan pemerintah. Karena itu, dukungan dari lembaga donor yang berkomitmen mendukung pemaju pendidikan tinggi sangat disambut baik.

Dari 4.401 perguruan tinggi (PT), baru 1.000 yang institusinya terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Selain itu, baru 26 PT yang meraih akreditasi institusi A. Sebagian besar lainnya masih terakreditasi C.

Direktur Jenderal Kelembagaan Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi pada Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Patdono Suwignjo, mengatakan, dukungan secara holistic peningkatan kapasitas 50 perguruan tinggi negeri dan swasta yang tersebar di seluruh Indonesia diwujudkan, antara lain, lewat program Higher Education Leadership and Management (HELM) dari Badan untuk Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID). Program ini harus dilanjutkan meskipun pendampingannya selesai tahun ini.

Keberlanjutan program-program peningkatan mutu justru harus bisa dibagi kepada lebih dari 4.000 PT lain dengan pengalaman dan model yang lahir selama lima tahun HELM berjalan. Melalui program HELM USAID selama lima tahun dengan nilai 19 juta dollar AS ini, berbagai modul peningkatan kapasitas kepemimpinan, administrasi, manajemen keuangan, penjaminan mutu, kaloboras, hingga riset dihasilkan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s