Inovasi Harus Berbasis Teknologi Ramah Lingkungan

Koran Sindo, halaman 2

Pemerintah mendorong adanya inovasi dalam berbagai bidang kehidupan dunia. Hanya saja inovasi itu harus berbasis teknologi ramah lingkungan agar tidak terjadi kerusakan global di masa datang.  Indonesia sangat concern pada berbagai inovasi untuk mencapai kehidupan lebih baik. Hanya saja inovasi itu harus berbasis pada kesinambungan lingkungan hidup.

Hal itu diungkapkan Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani dalam acara pembukaan Tangsel Global Innovation Forum (TGIF) di Puspitek Serpong kemarin TGIF dihadiri 90 wali kota dari 47 negara yang tergabung dalam World Technopolish Association (WTA). Kota Tangsel yang masuk dalam keanggotaan WTA pada tahun 2014 lalu terpilih menjadi kota pertama di Indonesia yang dipercaya menjadi tuan rumah gelaran rutin organisasi yang berdiri sejak tahun 1998 di Korea Selatan itu.

Puan meminta negara-negara maju mengedepankan gotong-royong dalam membangun inovasi teknologi kreatif. Terutama teknologi yang ramah lingkungan. Dia mengingatkan, ke depan akan ada ancaman kelangkaan air bersih dan masalah udara. Dengan dasar itu, inovasi harus juga memperhatikan lingkungan.

Puan menuturkan, teknologi ramah lingkungan jangan sampai menjadi isu global yang hanya dimonopoli negara tertentu saja. Inovasi teknologi ramah lingkungan harus dijangkau peneliti Indonesia dengan biaya yang terjangkau. Sebab inovasi ramah lingkungan bisa mendukung pembangunan berkelanjutan bagi Indonesia.

Sementara itu, Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristek Dikti) M Nasir mengatakan, modal penting untuk membangun ekonomi Indonesia yang merata bisa dikejar melalui 60.000 technopark yang saat ini dibangun di beberapa daerah. Diharapkan, lanjut Nasir, inovasi kreatif akan menjadi penggerak ekonomi Indonesia, dan pihaknya akan terus mendorong langkah strategis tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s