Menteri Puan Minta Inovasi PTN Disalurkan ke Industri

www.republika.co.id

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko-PMK) , Puan Maharani, mengatakan hasil penelitian inovasi harus lebih banyak diaplikasikan di sektor industri. Ia menyebut baru tiga persen hasil penelitian inovasi dari perguruan tinggi yang dimanfaatkan.

Puan, usai membuka Tangerang Selatan Global Innovation Forum (TGIF) di Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspitek), Serpong, Tangerang Selatan, Rabu (21/9), mengatakan, pihaknya menginstruksikan agar Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) dan lembaga terkait agar bisa menyalurkan hasil inovasi dengan kebutuhan industri.

Dengan demikian, lanjut Puan, ada lebih banyak hasil inovasi yang bisa diaplikasikan kepada masyarakat secara nyata. Selain penelitian dari perguruan tinggi, Puan juga meminta Kemenristekdikti membantu pendampingan potensi unggulan daerah.

Sementara itu, Menristekdikti , Muhammad Nasir, mengatakan saat ini ada delapan perguruan tinggi yang menjalin kerja sama secara tetap dengan dunia industri. Delapan universitas tersebut yakni UI, ITB, IPB, UGM, Universitas Airlangga, ITS, Universitas Brawijaya dan Universitas Diponegoro.

Untuk menguatkan sistem inovasi nasional, Nasir menuturkan, pihaknya berkewajiban mengintegrasikan sistem inovasi nasional dengan sistem ekonomi nasional, salah satu langkah yang sudah dilakukan adalah membangun technopark di seluruh wilayah Indonesia.

Sebelumnya, Dirjen Penguatan Inovasi Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), Jumain Appe, mengatakan pemanfaatan hasil penelitian inovasi oleh industri masih minim. Hingga saat ini baru sekitar tiga persen hasil penelitian inovasi yang diaplikasikan di dunia industri.

Menurut Jumain, saat ini ada sekitar 900 hasil inovasi yang terdaftar di departemennya. Jumlah tersebut berasal dari puluhan ribu publikasi inovasi oleh dosen perguruan tinggi. Dari jumlah tersebut, baru ada tiga persen yang diadaptasi oleh industry. Adapun industri yang telah mengaplikasikan penelitian inovasi adalah otomotif dan kesehatan. Ratusan penelitian lain, lanjut Jumain, kini sedang menanti untuk dapat diaplikasikan untuk industri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s