Sekolah Swasta Berperan dalam Mencerdaskan Bangsa

Suara Pembaruan, halaman 16

Pendidikan swasta telah ada sejak Negara Kesatuan Republik Indonesia terbentuk. Namun, hingga kini masih terjadi kesenjangan antara sekolah swasta dan sekolah negeri. Ketua Badan Musyawarah Perguruan Swasta (BMPS), Suparwanto, mengatakan, swasta memegang peranan penting dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa. Namun, kondisi sekolah swasta akhir-akhir ini semakin menurun baik dari segi kualitas, maupun kauntitas, akibat belum disentuh pemerintah.

Dia menyebutkan, dalam peraturan Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 tahun 2003, pemerintah mengakomodasi sekolah swasta. Namun, peraturan ini masih belum terlaksana dan tersosialisasikan dengan baik. Padahal, jika merujuk pada bagian keempat Undang-Undang, pemerintah mengukuhkan sistem pendidikan yang memuat janji kemerdekaan, amanat konstitusi, Nawacita, serta kondisi terkini. Sehingga, sinergi pembanunan pendidikan dan pembangunan kebudayaan sebagai pilihan memiliki alasan kuat.

Suparwanto mengatakan bahwa kondisi ini yang menyebabkan banyak sekolah swasta yang akhirnya tutup karena banyak hal seperti kekurangan murid akibat kalah bersaing dengan sekolah gratis serta dipicu kualitas swasta jauh lebih rendah dibandingkan sekolah negeri. Besarnya peranan sekolah swasta ini kata Suparwanto, jika lalai dikembangkan dalam membangun suatu pendidikan yang berkualitas akan berakibat fatal dalam mewujudkan sumber daya manusia (SDM). Pasalnya, pendidikan memegang peran strategis dalam membangun dan mencerdaskan suatu bangsa.

Sementara itu, Pengamat Pendidikan Indra Charismiadji mengatakan, pemerintah harus mengalokasikan dana untuk sekolah swasta dengan cara mengembangkan charter school. Dalam artian, pemerintah mengalokasikan anggaran, dan swasta yang menjalankan sistemnya. Konsep charter school dapat menjadi solusi bagi Indonesia yang memiliki wilayah luas dan terpencil, serta dukungan anggaran pendidikan yang relatif besar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s