Lulusan Diploma Akan Mendapat Sertifikasi Profesi

Koran Sindo, halaman 16

Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Muhammad Nasir mengatakan, mulai tahun depan lulusan diploma akan mendapat sertifikasi profesi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Menurut Nasir, untuk tahap awal, sebanyak 12 politeknik sudah melakukan kerja sama dengan BNSP. Nantinya, lulusan dari 12 politeknik tersebut akan mendapatkan ijazah dan sertifikat profesi. Hal itu disampaikan Nasir seusai pelantikan Direktur Politeknik Tanah Laut, Jakarta, kemarin.

Dia menjelaskan, ke depannya, semua pendidikan vokasi akan mengikuti sertifikasi. Sertifikasi profesi menunjukkan bahwa lulusan memiliki keahlian di bidangnya. Bahkan, di bidang maritim, lembaga sertifikasinya sudah diakui dunia. Untuk mempersiapkan hal tersebut, pihaknya sudah menjalin kerja sama dengan berbagai negara untuk menyekolahkan sejumlah dosen ke luar negeri.

Dia pun berharap politeknik Tanah Laut mengembangkan program studi yang juga fokus dengan masalah keluatan, perikanan, dan kemaritiman. Hal itu merupakan kebutuhan, mengingat Presiden Jokowi telah menetapkan Nawacita yang salah satu cita-citanya adalah mewujudkan Indonesia menjadi negara maritim yang mandiri, maju, kuat, dan berbasiskan kepentingan nasional.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s