Penguatan Pendidikan Karakter Diujicobakan

Kompas, halaman 12

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan siap mengujicobakan konsep penguatan pendidikan karakter. Praktik-praktik baik pendidikan karakter yang sudah berjalan di sekolah-sekolah dihimpun sebagai masukan, tetapi tetap mengakomodasi keberagaman yang yang. Arie Budiman, Staf Ahli Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Pembangunan Karakter mengatakan, konsep yang sedang disusun namanya Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), bukan full day school. Saat ini PPK sedang dalam tahapan kajian dan konsultasi publik dengan para pakar, praktisi, pegiat pendidikan, dan sekolah-sekolah untuk menyusun konsep/kebijakan PPK.

Arie mengatakan, sekolah yang sudah melaksanakan PPK dihimpun praktik-praktik bainya sebagai masukan penyusunan konsep tersebut. Tentu saja dengan memperhatikan kondisi keberagaman sekolah-sekolah. Menurut Arie, pra-uji coba baru akan dilakukan pada semester genao 2016/2017 ini. Yang akan dilakukan adalah observasi terhadap praktik-praktik baik pendidikan karakter di 21 SD dan 21 SMP.

Sebaran sekolahnya mulai dari Aceh, Sumatera Barat, provinsi di Jawa, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tengah, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Maluku, dan Papua. Kriteria sekolahnya yakni yang sudah menggunakan kurikulum 2013, memiliki program khusus pendidikan karakter, dan melaksanakan tambahan jam belajar. Arie menambahkan, pra-uji coba menekankan pada observasi.

Sementara itu, dalam pandangan I Gede Raka, pendiri dan ketua Masyarakat pendidikan Sejati, pendidikan karakter belum menjadi roh pendidikan di Indonesia. Ini karena pendidikan itu selalu didekati dengan hal-hal teknis. Pendidikan Indonesia kehilangan jati diri, dengan selalu sibuk mencari referensi ke sana ke mari. Menurut Gede, pendidikan harus berangkat dari hal-hal yang dibutuhkan anak-anak untuk hidup di masa sekarang dan masa depan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s