Penguatan Jangan Membebani Sekolah

Kompas, halaman 13, Sabtu, 24 Sept

Pendidikan karakter sejatinya sudah melekat dalam pendidikan yang berlangsung di sekolah. Karena itu, penguatan pendidikan karakter seharusnya hanya sebagai upaya untuk lebih menyiapkan dan memberikan wawasan kepada para pelaku pendidikan di sekolah mengenai pentingnya secara sadar menjalankan pendidikan karakter. Itje Chodidjah, praktisi pendidikan berpendapat, penguatan pendidikan karakter jangan membebani lagi dengan kurikulum baru atau jam tambahan. Menurut dia, belum berjalannya pendidikan karakter di sekolah sampai saat ini karena tata caranya belum membumi dengan apa yang menjadi keseharian di sekolah.

Itje menegaskan, sekolah harus memahami bahwa penguatan pendidikan karakter bisa dilakukan lewat kegiatan yang sudah berjalan, tetapi tidak lagi sporadis. Untuk itu, harus tersedia modul yang sepraktis mungkin. Pengawasan dari kepala sekolah dan pengawas sekolah juga harus berjalan. Jadi, terbentuk ekosistem pendidikan sekolah yang baik.

Liestyani Dhamayanti, Wakil Kepala Sekolah SMP Negeri 12 Surakarta, Jawa Tengah, mengatakan, pendidikan karakter sudah dilakukan di sekolahnya. Sebagai sekolah pilot pelaksanaan Kurikulum 2013, pendidikan karakter secara implisit masuk pada bagian sikap sosial. Beberapa karakter di antaranya, jujur, disiplin, dan tanggung jawab sudah disampaikan secara langsung sesuai dengan tuntutan kompetensi dasar.

Ia menambahkan, pendidikan karakter harus mampu mengantarkan anak menguasai perilaku-perilaku, baik menjadi bagian dari anak itu, bukan hanya sekadar pengetahuan. Anak harus mengerti apa itu jujur, tetapi lebih penting adalah berperilaku jujur.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s