Tingkatkan Kompetensi Guru

Kompas, halaman 11

Peningkatan kompetensi guru dan kekerasan dalam pendidikan merupakan dua isu pokok yang kini mendapat sorotan. Guna menanganinya, pemerintah dituntut agar terus berupaya keras menghadirkan guru bermutu yang betul-betul memiliki jiwa pendidik. Salah satu upaya peningkatan mutu guru menjadi guru profesional ditempuh pemerintah lewat sertifikasi guru. Sebanyak 69.259 guru, baik yang diangkat sebelum 2005 maupun setelah tahun tersebut, bakal disertifikasi dengan biaya pemerintah. Mulai tahun ini, nilai batas kelulusan ditetapkan minimal 80 dan kesempatan mengulang sebanyak empat kali dalam setahun.

Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Sumarna Surapranata mengatakan, sertifikasi guru lewat pendidikan dan pelatihan profesi guru (PLPG) di 15 perguruan tinggi cukup diikuti sekali. Jika guru tidak lulus ujian sertifikasi, pembelajaran berikutnya dilakukan secara mandiri.

Pelaksana Tugas Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Unifah Rosyidi mengatakan, model sertifikasi terus berubah, syaratnya makin sulit, dan tak sesuai dengan ketentuan dalam PP Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru. Menurut dia, angka batas kelulusan umumnya 60, sebagaimana diterapkan dalam ujian-ujian lainnya. Menurut Unifah, saat ini, hal yang penting dilakukan ialah meningkatkan mutu guru lewat pengembangan secara berkelanjutan  yang difasilitasi pemerintah  sehingga guru terdorong untuk terus memperbaiki diri. Bukan dengan pendekatan sanksi dan mempersulit guru.

Ketua Umum Ikatan Guru Indonesia Muhammad Ramli menilai, PLPG adalah pintu masuk untuk mendapatkan tunjangan profesi guru. Hal yang wajar jika standar untuk mendapatkannya ditingkatkan. Menurut Ramli, guru-guru yang telah menerima tunjangan hampir 10 tahun pun masih bermasalah. Sekitar 6,1 persen dari 2,69 juta guru yang lulus uji kompetensi dinilai tak perlu belajar lagi. Selebihnya, 93,9 persen harus menjalani pendidikan dan pelatihan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s