115 Guru Dikirim untuk Didik Anak TKI

Media Indonesia, halaman 11

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendibud) mengirim 115 guru yang bertugas mengajar dan mendidik anak-anak tenaga kerja Indonesia (TKI) di Malaysia. Mendikbud Muhadjir Effendy yang melepas para guru untuk anak TKI di Jakarta, kemarin, mengatakan, dirinya yakin dan percaya bahwa para guru bisa membangkitkan para peserta didik menjadi orang-orang yang berkarakter mulia dan menjadi pembelajaran seumur hidup. Ia menjelaskan para guru tersebut tidak hanya mendidik anak, tapi juga menjaga martabat bangsa Indonesia di mata International.

Para guru itu akan ditempatkan di Sekolah Indonesia di Kota Kinabalu, Community Learning Centre (CLC) di Kota Kinabalu dan Tawau, Pusat Belajar Humana, Johor Bahru, Kemanggisan, dan Serawak.

Berdasarkan data Kemendikbud, baru 24.856 anak dari 53.687 anak Indonesia di Malaysia yang mendapatkan layanan pendidikan. Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Sumarna Surapranata mengatakan pengiriman guru itu harus memenuhi tiga tujuan. Pertama, memberikan layanan pendidikan bagi anak-anak Indonesia yang tidak memperoleh pendidikan di tempat orangtua mereka bekerja. Kedua, mengembangkan potensi peserta didik untuk menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME, berakhlak mulia, sehat jasmani dan rohani, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, serta bertanggung jawab. Dan yang ketiga, menumbuhkan nilai-nilai persatuan, membangun rasa kebangsaan, dan menanamkan kepribadian serta kebanggan sebagai WNI.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s