500 Sekolah akan Pelopori FDS

Media Indonesia, halaman 13

Kementerian Pendidikian dan Kebudayaan (Kemendikbud) secara terbatas tetap akan melaksanakan program pendidikan sehari penuh (full day school/FDS) meskipun banyak kritik dari masyarakat. Sebanyak 500 sekolah dinyatakan akan menjadi proyek percontohan penerapan FDS.

Sesuai dengan rencana tingkatan, sekolah yang melaksakan FDS meliputi jenjang SMP dan SMA di sejumlah wilayah di Tanah Air yang dianggap sudah siap. Adapun kategori FDS terdiri dari sekolah unggulan binaan Kemendikbud, inisiatif pemerintah daerah, serta lembaga pendidikan sekolah swasta seperti sekolah yang dikelola di lingkungan Muhammadiyah, Nahdlatul Ulama, sekolah Katolik, dan Kristen.

Hal tersebut dikemukakan Mendikbud Muhadjir Effendy saat menjawab Media Indonesia di Gedung Kemendikbud, Jakarta, Senin (26/9). Namun begitu, Muhadjir menyatakan tim kajian FDS Kemendikbud masih terus menggodok dan mematangkan implementasinya. Untuk lembaga pendidikan swasta, pihaknya baru sebatas menerima pengajuan atau lamaran FDS guna dipertimbangkan tim Kemendikbud.

Secara terpisah, Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud Hamid Muhammad menyatakan data peserta FDS masih dihimpun tim. Bagi sekolah swasta, kata dia, mereka semua melamar, bukan ditunjuk.

Terkait dengan tetap dilaksanakannya program FDS yang sempat menimbulkan pro dan kontra di masyarakat belum lama ini, praktisi pendidikan M Abduh Zen mengingatkan Kemendikbud seharusnya terlebih dahulu menyiapkan lingkungan sekolah dan guru dengan baik. Selain itu, fasilitas ekstrakurikuler yang menyenangkan siswa jug harus disiapkan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s