BUDI Luar Negeri tidak Penuhi Kuota

Media Indonesia, halaman 13

Seeprti diberitakan sebelumnya, sebanyak 300 kuota beasiswa untuk dosen Indonesia (BUDI) luar negeri tahun ini hanya mampu terisi sekitar 55%, atau hanya 167 dosen yang lolos seleksi. Hal itu terjadi karena kemampuan menulis dalam bahasa Inggris sebagian besar dosen Indonesia masih sangat lemah.

Kondisi itu tentu sangat memprihatinkan di tengah-tengah upaya pemerintah, dalam hal ini Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek dan Dikti), untuk meningkatkan kualitas dosen di Indonesia.

Dirjen Sumber Daya Iptek Dikti, Kemenristek dan Dikti, Ali Ghufron Mukti, , dalam seminar bertajuk Inspiring International Research Excellence di Jakarta, Senin (26/9), membenarkan hal itu. Lemahnya kemampuan menulis para dosen, lanjut dia, membuat para dosen sulit melanjutkan pendidikan mereka ke luar negeri. Ghufron berharap, melalui kegiatan yang bekerja sama dengan Australian Technology Network (ATN) tersebut, kemampuan para dosen dalam menulis semakin meningkat.

Dalam kegiatan itu juga dibahas penulisan riset di berbagai bidang, yaitu sains, teknologi, teknik, matematika, humaniora, seni, dan ilmu sosial. Pihaknya, lanjut Ghufron, juga mengadakan kerja sama riset, yang diharapkan hasilnya bisa menjadi jurnal internasional. Ghufron berharap kegiatan itu akan membawa dampak positif terhadap pengembangan kualifikasi dan kompetensi para dosen dan tenaga kependidikan.

Dia menjelaskan seminar itu merupakan bentuk dan upaya pemerintah untuk menyediakan dan mempermudah dosen dalam memperbaharui wawasan keilmuan mereka, sekaligus mempertemukan mereka yang memiliki potensi untuk melanjutkan jenjang pendidikan, terutama doktoral (S-3), ke Australia.

Sementara, Manajer ATN untuk Indonesia, Josephine Ratna, menjelaskan, kelemahan kemampuan dosen dalam menulis tidak saja terlihat di bidang riset, tetapi juga tampak pada penulisan lamaran pendidikan untuk masuk perguruan tinggi yang ditawarkan BUDI Luar Negeri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s