Kemristekdikti: Universitas dari Luar Negeri Masih Minim Lakukan Sosialisasi

Suara Pembaruan, halaman 16

Staff Ahli Direktur Kualifikasi Sumber Daya Manusia (SDM) Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan (Kemenristekdikti), John Pariwono, mengatakan, pemerintah Indonesia dalam program peningkatan kualitas SDM dosen telah menyelesaikan program Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia Luar Negeri dan Dalam Negeri (Budi LM dan DN) Khusus untuk Budi LN 2016.

John menyebutkan, untuk Budi LN khusus untuk program doktoral, tahun ini pemerintah menyediakan 300 kuota. Mahasiswa diberi kebebasan memilih universitas sesuai dengan proposal riset yang diajukan, serta sesuai dengan persyaratan Kemenristekdikti. Misalkan, universitas yang dituju harus lebih baik dari perguruan tinggi Indonesia dalam peringkat dunia dan telah menjalin kerja sama dengan Indonesia sehingga tidak asing bagi calon mahasiswa.

John mengatakan, sampai saat ini, secara statistik jumlah perguruan tinggi luar negeri yang melakukan sosialisasi di Indonesia masih minim. Tiap tahun memang ada, itu pun universitas yang sama. Jadi banyak mahasiswa Indonesia yang lebih memilih kuliah di perguruan tinggi yang telah diketahui. Ada banyak perguruan tinggi bagus, tetapi tidak jadi tujuan mahasiswa karena promosinya kurang. Menurutnya, kegiatan promosi sangat penting untuk perguruan tinggi asing, sehingga saat mengambil program doktor, para calon mahasiswa telah memiliki informasi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s