Penelitian Siswa Berkembang

Kompas, halaman 12

Minat siswa untuk meneliti tumbuh dan berkembang. Selain meningkat dari segi jumlah karya, topik-topik penelitiannya pun relevan dengan kehidupan nyata. Hal itu tercermin dari ajang Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) dan National Young Inventor Awards (NYIA) yang kembali dihelat tahun ini. LKIR menjaring 58 finalis. Ketua Dewan Juri LKIR Tri Nuke Pudjiastuti mengatakan, tahun ini, jumlah proposal LKIR yang masuk mencapai 3.203 buah, meningkat dari tahun lalu (2.041 buah). Adapun NYIA  menjaring 29 penemuan siswa dari beberapa wilayah Indonesia. Untuk NYIA, sebanyak 868 penemuan yang diajukan. Menurut Tri, hal ini membuktikan minat penelitian generasi muda semakin berkembang.

Para pelajar yang mengikuti ajang LKIR dan NYIA terinspirasi dari masalah sehari-hari. Misalnya, alat pencuci portabel yang dibuat Azy Ilham Sudibyo dan Tio Pidie Lesmana dari SMP Negeri 1 Subang. Adapaun Fauzan Fadliansyah dan Muhammad Rahadi dari SMA Taruna Bakti, Bandung, menemukan bahan penahan kaju korosi (pengaratan) pada perabotan berbahan logam. Bahan itu diraciknya dari ekstrak daun jambu biji, teh, dan mengkudu.

Tak mau kalah, Aan Aria Nanda dan Feriawan Tan, siswa SMA Negeri 1 Tarakan, Kalimantan Utara, menemukan pendeteksi gas karbon di udara. Pembuatan itu terinspirasi dari kabut yang melanda Tarakan pada November 2015. Temuan itu juga mengantar Aan dan Feriawan menyabet medali emas dalam International Exhibition for Young Inventors di Tiongkok, Juli lalu

Jajaran dewan juri, termasuk juri internasional Alan West dan Gerard Hughes terkesan dengan inovasi dan etos peserta. Mereka menempuh perjalanan empat bulan, mulai dari pengiriman proposal, mentoring, hingga penyelesaian akhir. Hal itu merupakan tanda semangat tinggi untuk menjunjung ilmu pengetahuan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s