Penguatan Diujicobakan Semester Genap

Kompas, halaman 12

Uji coba tahap awal penguatan pendidikan karakter atau PPK dilakukan pada semester genap di 21 SD dan 21 SMP. Kemudian, pada tahun ajaran baru nanti, dikembangkan ke 500 sekolah percontohan di sejumlah daerah. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengatakan PPK membuka peluang ada jam  tambahan belajar hingga sore hari dengan memperkaya beragam kegiatan, di dalam kelas, lingkungan sekolah, dan luar sekolah.

Sebelumnya, Arie Budiman, Staf Ahli Mendikbud mengatakan, best practice pendidikan karakter di sekolah yang ditunjuk untuk tahap uji coba awal dikaji dan dievaluasi. Lokasi uji coba tersebar dari Aceh, Sumatera Barat, seluruh provinsi Jawa, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tengah, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Maluku, dan Papua. Kriterianya antara lain sudah menggunakan Kurikulum 2013, memiliki program khusus pendidikan karakter, dan melaksanakan tambahan jam belajar.

Muhadjir menilai, PPK memungkinkan terjalin gotong-royong antara sekolah, komite sekolah, pemerintah setempat, institusi yang ada di sekitar sekolah, dan masyarakat setempat. Pada guru bersama komite sekolah dapat merancang PPK melalui kegiatan olahraga, kesenian, keagamaan, serta literasi dan numerasi. Meski sekolah punya keterbatasan dalam sarana dan prasarana atau pengajar, Muhadjir yakin PPK bisa dilaksanakan. Dengan gotong-royong melibatkan antara lain aparat desa/lurah, pelaku seni budaya, dan unsur masyarakat lainnya, sekolah dapat membangun kolaborasi.

Itje Chodidjah praktisi pendidikan yang terlibat dalam Tim PPK, mengatakan, PPK merupakan kelanjutan dan revitalisasi gerakan nasional pendidikan karakter yang telah dimulai tahun 2010. Titik beratnya, penguatan pendidikan karakter dan bukan sekadar full-day school.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s