Siswa di Semarang Ikuti Senam Islam

The Jakarta Post, halaman 8

Sebanyak 1.325 siswa dari SMK Nahdatul Ulama (NU) Ungaran di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, selama satu bulan ini telah ikut berpartisipasi  dalam olahraga Senam Islam Nusantara (SIN), yaitu olahraga yang menggabungkan gerakan senam dengan gerakan sholat.

Muslih, sang pencipta gerakan SIN tersebut mengatakan, cara ibadah umat Muslim atau yang biasa disebut dengan shalat, mengandung unsur olahraga. Muslih menjelaskan, gerakan dalam SIN yang diciptakannya menggabungkan gerakan senam dengan gerakan shalat, dan dibagi menjadi tiga gerakan utama. Yakni,  pemanasan yang diikuti dengan gerakan utama, yaitu gabungan gerakan wudhu dan sholat, dan diakhiri dengan gerakan peregangan.

Muslih, yang merupakan Ketua Lembaga Perekonomian NU (LPNU) Kabupaten Semarang ini mengatakan, setiap gerakan dalam SIN memiliki makna. Gerakan wudhu, misalnya, dimaksudkan agar badan tidak kaku ketika melakukan gerakan selanjutnya. Sementara, Gerakan sholat dimaksudkan agar kelenturan badan tetap terjaga. Secara filosofis, lanjut Muslih, gerakan dalam SIN dimaksudkan agar tubuh lebih sehat, baik secara jasmani maupun rohani. SIN juga dimaksudkan untuk mendorong orang untuk mencintai shalat melalui senam.

Pada hari Minggu (25/9), senam yang diiringi unsur musik Jawa dan Melayu itu secara resmi diluncurkan oleh Menteri Pemuda dan Olaharaga Imam Nahrawi. Ribuan siswa, masyarakat umum beserta organisasi sayap NU, diantaranya GP Ansor, Banser, Fatayat, Muslimat, serta Ikatan Pelajar Nahdatul Ulama (IPNU), beramai-ramai mengikuti senam tersebut. Pada acara peluncuran tersebut, Imam berharap bahwa nantinya senam itu dapat diikuti seluruh masyarakat di Tanah Air.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s