Akses Pendidikan Anak TKI di Malaysia Terbatas

Koran Sindo, halaman 16

Akses pendidikan bagi anak tenaga kerja Indonesia (TKI) di Malaysia masih terbatas. Tercatat dari 53.687, baru 24.856 anak yang mendapat pendidikan. Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Sumarna Surapranata mengatakan, untuk Malaysia sudah ada kerjasama antara kedua belah negara untuk bisa mendirikan sekolah bagi anak TKI tersebut. Tercatat ada 338 guru yang mengajar di Malaysia, 223 guru sedang bertugas, dan 115 guru baru diberangkatkan.

Berdasarkan data Kemendikbud, 24.856 anak TKI di Malaysia ini menempuh pendidikan Sekolah Indonesia Kota Kinabalu (SIKK) sebanyak 927 orang, 69 Community Learning Center (CLC) tingkat SD sebanyak 8.122 anak, 140 CLC SMP 3.224 anak, dan 134 Pusat Belajar Humana sebanyak 12.583 anak.

Dia menyebutkan masih banyak anak TKI di negara lain yang ingin bersekolah. Sayangnya, belum ada kerja sama pengiriman guru seperti di Malaysia antara pemerintah Indonesia dan beberapa negara penempatan lain, seperti Arab Saudi, Hongkong, ataupun Vietnam.

Sementara itu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy menyebutkan, peran yang diemban guru di Malaysia termasuk berat. Sebab, mereka harus bisa memperkenalkan Indonesia kepada anak-anak TKI serta tetap menjaga harkat martabat bangsa Indonesia di negara lain. Selain menanamkan rasa bangga sebagai bangsa Indonesia, jelasnya, para guru juga harus mengembangkan potensi peserta didik untuk menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa. Setiap siswa juga harus didik menjadi berakhlak mulai, sehat jasmani dan rohani, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s