Kemendikbud Seleksi 500 Sekolah untuk Uji Coba Full-Day School

www.thejakartapost.com

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah menyeleksi 500 sekolah dasar dan menengah di Jakarta untuk mengikuti uji coba program sekolah seharian penuh (full-day school). Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, yang memperkenalkan program tersebut pada bulan lalu, mengatakan, ia dengan senang hati menyambut sekolah yang secara sukarela mengajukan diri dalam pendaftaran uji coba.

Ia menambahkan, dengan rencana program itu, perpanjangan jam belajar di sekolah sebagian besar akan digunakan untuk kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan pembangunan karakter. Lebih lanjut, program tersebut diyakini akan menjamin keselamatan siswa dari hal-hal yang tidak diinginkan hingga orangtua mereka selesai bekerja.

Muhadjir juga mengatakan bahwa rencana tersebut bukan berarti para siswa akan menghabiskan waktu belajarnya dalam suasana kelas normal, namun, mereka akan dilibatkan dalam kegiatan ekstrakurikuler dalam rangka mengembangkan karakter dan talenta yang mereka miliki. Siswa tidak akan langsung pulang begitu jam kelas normal berakhir, mereka akan dikenalkan dengan kegiatan-kegiatan yang menyenangkan yang berkaitan dengan pengembangan karakter, kepribadian, dan potensi mereka.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa dirinya mendukung program full-day school yang akan memperkuat karakter siswa, yang antara lain membawa dampak bagi menguatnya wawasan kebangsaan, munculnya perilaku positif, kesopanan, etika, dan nilai-nilai agama.

Link: http://www.thejakartapost.com/news/2016/09/27/national-scene-ministry-selects-500-full-day-school-trial.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s