Para Pemikir Muda Meriahkan Kompetisi Ilmu Pengetahuan di Jakarta

The Jakarta Post, halaman 2

Sebanyak tiga puluh pemikir muda yang menyandang gelar sarjana beradu ide dalam ajang “Falling Walls Lab”, Selasa (27/9) yang diselenggarakan oleh Deutscher Akademischer Austauschdienst German Academic Exchange Service (DAAD) dan Universitas Indonesia (UI). Mereka bersaing untuk meraih kesempatan mendapat tiket akomodasi ke Berlin.

Para pemikir muda tersebut berlatar belakang sarjana S-1, Sarjana S-2, kandidat gelar PhD, peneliti post-doctoral dan pengusaha. Mereka diberi kesempatan selama tiga menit untuk mempresentasikan proyek penelitian, model bisnis dan inisiatif sosial mereka di hadapan tujuh anggota dewan juri dan penonton.

Mereka berasal dari berbagai bidang keilmuan, seperti teknik mesin,teknologi dan informasi, arsitektur dan sains.

Salah seorang kontestan, Liana Christiani, yang menyelesaikan gelar PhD-nya di Kyushu University, Jepang, terbang ke Indonesia hanya untuk mengikuti ajang kompetisi ini. Ia mengatakan,sebelumnya ia telah mengikuti kompetisi serupa di luar negeri, dimana sebagian besar pesertanya berasal dari negara-negara maju. Mereka berlomba untuk menghasilkan ide-ide yang dapat berguna bagi negara mereka.

Liana menjelaskan, sebagai negara berkembang, Indonesia memiliki kesempatan untuk menggunakan energi hidrogen sebagai sumber energi alternatif. Karena, penggunaan energi tersebut memanfaatkan teknologi hijau yang sangat efisien. Liana menambahkan, teknologi sel bahan bakar, yang digunakan secara langsung untuk mengubah hidrogen menjadi listrik, sangat efisien dan dapat digunakan untuk berbagai macam penerapan seperti untuk pembangkit listrik, mobil dan smartphone.

Namun, ia mengatakan, sel bahan bakar hanya populer di negara-negara maju seperti Jepang, Amerika Serikat dan Jerman. Hal ini, lanjutnya, masih menjadi tantangan untuk mengembangkan sel bahan bakar dan melakukan penelitian di negara-negara berkembang seperti Indonesia karena memerlukan investasi yang besar.

Ia mengatatakan, biaya untuk membuat membran polimer sangat tinggi, yaitu hampir setengah dari keseluruhan biaya pembuatan sel bahan bakar. Oleh sebab itu, ia memamerkan dalam presentasinya bahwa ia telah menemukan sebuah terobosan dengan membuat membran polimer dengan biaya yang lebih murah.

kerja keras Liana akhirnya terbayar. Dewan juri memutuskan untuk memiliha dia sebagai pemenang pertama dalam ajang kompetisi tersebut.

Pemenang kedua diraih oleh Dian Prayogi Susanto, yang memamerkan alat kontrol otomatis yang dapat memperoleh informasi yang tepat tentang tanaman, sehingga tanaman tersebut dapat diberikan perawatan yang diperlukan.

Salah satu alat, yaitu sensor taman Habibi, dapat membaca suhu, nutrisi, kadar air, intensitas cahaya tanaman dan kelembapan tanaman. Alat ini terhubung dengan alat lainnya yaitu pompa dosis Habibi, yang dapat memberikan tanaman sesuai dengan yang mereka butuhkan.

Dua pemenang ajang kompetsisi tersebut akan melakukan perjalanan ke Berlin untuk bersaing mendapatkan hadiah uang tunai dalam ajang Lab Finale tingkat dunia pada 8 November.

Mereka kemudian akan bergabung dalam ajang internasional Falling Walls Conference pada 9 November. Dalama ajang itu, beberapa ilmuwan terkemuka di dunia akan mempresentasikan penelitian mereka selama 15 menit.

Irene Jansen, direktur DAAD Regional Office Jakarta, mengatakan, mereka mencari ilmuwan muda Indonesia yang memiliki ide-ide inovatif dan dapat menjadi pelopor dalam memecahkan berbagai permasalahan yang dihadapi dunia saat ini.

Uras Siahaan, anggota dewan juri dan dosen di bidang arsitektur dari Universitas Kristen Indonesia (UKI), Jakarta, memuji kemampuan semua peserta karena berhasil menyajikan ide-ide inovatif mereka dalam waktu yang cukup terbatas. Ia mengatakan, meskipun beberapa dari ide mereka masih merupakan angan-angan, namun beberapa ide lainnya bisa benar-benar diterapkan di dunia nyata.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s