Pendidikan Berbasis Agama Jadi Pola Didik Masa Depan

Republika, halaman 12

Pendidikan berbasis agama dinilai akan menjadi pola pendidikan masa depan. Integrasi bidang ilmu dan pilar-pilar pendidikan berperan penting dalam pengembangan pendidikan berbasis agama.

Sekretaris Jendral Kementerian Agama (Kemenag) Nus Syam mengatakan, dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas), seluruh institusi pendidikan di bawah Kemenag basisnya adalah agama. Ia pun menyambut baik jika ada gagasan mengembangkan pendidikan berbasis agama di lembaga pendidikan di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Kemenag juga mengkoordinasikan perguruan tinggi Islam seperti Universitas Islam Negeri (UIN), Institut Agama Islam Nasional (IAIN), dan Sekolah Tinggi Agama Islam Nasional (STAIN) untuk mengembangkan paradigm integrasi ilmu agama dengan ilmu umum. Selain itu, pilar-pilar pendidikan lainnya seperti masyarakat dan orangtua juga harus saling bersinergi dan berkontribusi.

Mantan Rektor UIN Syarif Hidayatullah, Azyumardi Azra, mengatakan, ide pendidikan berbasis agama merupakan ide bagus dan perlu. Perguruan tinggi seperti perguruan tinggi umum seharusnya diberi wewenang dalam pendidikan keagamaan, jurusan agama, dan fakultas agama Islam. Hal itu, lanjutnya, penting untuk pengembangan keilmuan Islam.

Azyumardi menambahkan, Kementerian Agama dan Kemristek-Dikti seharusnya dapat berkoordinasi dan saling membantu, tidak memonopoli bidang ilmu seperti ilmu agama hanya di perguruan tinggi Islam dan ilmu umum hanya di perguruan tinggi umum. Pendidikan berbasis agama dinilai perlu di semua lembaga pendidikan. Pandangan dan sikap dikotomis hanya merugikan ilmu agama dan ilmu umum.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s