PPK Tak Melulu Ritual

Kompas, halaman 12

Program Penguatan Pendidikan Karakter yang dilakukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan hendaknya bisa menyasar lebih dalam. Program ini jangan hanya sekadar menjadi penerapan ritual keagamaan atau nasionalisme. Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) juga perlu melibatkan berbagai aspek, mulai dari manajemen sekolah, kreativitas, penghargaan terhadap budaya lokal, dan tenggang rasa. Hal itu disampaikan oleh Staf Ahli Mendikbud Bidang Pembangunan Karakter Arie Budhiman.

Arie mengingatkan, prinsip pendidikan karakter membawa nilai moral universal. Ritual menjadi bagian kecil dari keseluruhan konsep PPK. Persepsi pendidik harus disamakan bahwa pendidikan karakter mengusung nilai moral universal, adil, inklusif, dan sinkorn dengan budaya lokal. Pendekatan penerapan PPK juga berbeda-beda antara satu sekolah dengan sekolah yang lain. Pendekatan ini ditempuh melalui kreativitas pendidik, orangtua, dan masyarakat setempat.

Saat ini, sejumlah sekolah dinilai umumnya masih mengartikan pendidikan karakter sebagai penambahan ritual keagamaan. Padahal, dalam komponen religiusitas, ada aspek hubungan antarsesama dan tanggung jawab manusia kepada alam. Selain itu, komponen nasionalisme juga masih diartikan sebatas ritual upacara bendera dan menyanyikan lagu kebangsaan.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengatakan, PPK bukan proyek pemerintah. Artinya, tak ada dana yang dikucurkan ke sekolah yang menjadi tempat uji coba program. Sebanyak 42 sekolah yang mengikuti uji coba dipilih berdasarkan portofolio sarana dan prasarana yang dimiliki. Ada pula yang dipilih karena berada di daerah terdepan, terluar, dan tertinggal.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s