Sekolah Inklusi Ikut FDS

Republika, halaman 4

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menargetkan penerapan penguatan pendidikan karakter (PPK) atau full day school pada 500 sekolah di seluruh Indonesia. Bahkan, Kemendikbud juga menunjuk sejumlah sekolah inklusi menerapkan program PPK.

Staf Ahli Mendikbud Bidang Pembangunan Karakter, Arie Budiman, Selasa, (27/9), mengatakan, sudah ada beberapa sekolah inklusi yang ikut piloting. Namun, ia belum dapat merinci di mana saja sekolah inklusi yang menjadi target program PPK. Kemendikbud mempertimbangkan alasan masuknya sekolah inklusi, yakni mewakili keberagaman.

Sementara itu, Arie mengungkapkan, untuk anak berkebutuhan khusus yang berada di sekolah inklusi, penerapannya akan menyesuaikan dengan kondisi masing-masing anak. Saat ini, lanjutnya, Kemendikbud juga tengah menyiapkan pelatihan maupun modul penerapan PPK bagi guru-guru di sekolah inklusi. Program awal PPK belum akan diterapkan pada SLB.

Secara terpisah, Mendikbud Muhadjir Effendy mengatakan, pihaknya akan menerapkan program pendidikan karakter sebagai bekal bagi siswa yang ingin memasuki dunia kerja atau berwirausaha dan melanjutkan pendidikan selanjutnya. Pengembangan PPK ditujukan agar masing-masing siswa dapat mengembangkan diri sesuai dengan kemampuan dan keunggulan masing-masing.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s