Desain Pendidikan Harus Ciptakan Daya Saing

Koran Sindo, halaman 15

Menteri Tenaga Kerja (Menaker) M Hanif Dhakiri meminta agar desain pendidikan di Tanah Air mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Dengan demikian para lulusan yang dihasilkan tidak hanya berkualitas secara akademis, tetapi juga memiliki sertifikasi yang diakui secara luas.

Dia menjelaskan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) menuntut pekerja Indonesia bersaing dengan tenaga kerja dari negara tetangga. Pekerja Indonesia, lanjut Hanif, diharuskan mempunyai kualifikasi yang diakui secara internasional. Sehingga, adanya KKNI menjadi rujukan penataan tenaga kerja Indonesia di berbagai sektor dengan menetapkan jenjang kualifikasi yang jelas dan kesetaraannya dengan kualifikasi negara-negara lain di dunia.

Lebih jauh Hanif mengatakan secara realitas kompetensi dan profesionalisme tidak diukur dari kualifikasi pendidikan, tetapi lebih banyak ditentukan kemampuan atau kualitas individu. Artinya saat ini banyak tenaga kerja kompeten dan profesional di berbagai bidang, tapi mereka tidak lahir dari proses pendidikan tinggi melainkan dari suatu proses pelatihan, pengalaman yang panjang dan autodidak.

Sementara itu, Rektor Universitas Dharma Persada Dadang Solihin menyampaikan, tenaga kerja Indonesia akan bisa bersaing di MEA jika telah memegang sertifikat keahlian meskipun tingkat pendidikannya rendah. Karena itu pihaknya akan membuat Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) bagi para mahasiswanya. Dadang menjelaskan, mahasiswa dari fakultas teknik akan bisa diuji kompetensinya di LSP guna mendapatkan sertifikat untuk membuktikan keahliannya yang dibutuhkan industri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s