Indonesia dan Hongaria Sepakat Tingkatkan Kerja Sama Pendidikan

www.antaranews.com

Menteri Luar Negeri RI Retno LP Marsudi dan Menteri Luar Negeri Hongaria Peter Szijjerte bersepakat untuk untuk meningkatkan kerja sama di bidang pendidikan di antara kedua negara. Kesepakatan tersebut terjadi dalam pembicaraan bilateral yang diadakan di sela-sela Sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa di New York, Amerika Serikat.

Dalam pertemuan tersebut, kedua menteri luar negeri mendiskusikan beragam perkembangan yang terjadi dalam hubungan bilateral Indonesia – Hongaria. Mereka juga membicarakan berbagai upaya yang harus dilakukan untuk menggenjot kerja sama di bidang pendidikan.

Indonesia dan Hongaria telah menandatangani sebuah kesepakatan dalam proyek pengembangan penjernih air di beberapa wilayah di Indonesia. Sebagian proyek tersebut telah dimulai pada awal tahun ini.

Di bidang perdagangan bilateral kedua negara, terjadi kenaikan 14,91 persen menjadi sekitar 59 juta dolar AS pada paruh pertama tahun ini dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu. Ekspor Indonesia ke Hongaria meliputi komoditas kopi, minyak kelapa sawit, cokelat, kelapa, dan kertas.

Sementara itu, investasi Hongaria di Indonesia mencapai 228 ribu dolar AS pada kwartal pertama 2016, untuk investasi total Hongaria di Indonesia sendiri dari tahun 2010 hingga 2015 berada pada angka 1,16 juta dolar AS.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s