Kopertis Wilayah II Baru Miliki 19 Profesor

www.republika.co.id

Minimnya jumlah guru besar pada perguruan tinggi swasta (PTS) yang ada di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Lampung, Bengkulu dan Bangka Belitung (Babel) menjadi perhatian Koordinator  Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah II Slamet Widodo.

Slamet Widodo, Rabu (28/9), mengatakan, jumlah guru besar pada PTS di bawah Kopertis Wilayah II masih minim. Dari 7.000 dosen yang terdaftar pada 218 PTS baru 19 orang yang sudah berstatus guru besar atau professor. Jumlah dosen atau tenaga pengajar pada PTS di Kopertis II didominasi 60 persen dengan strata tiga (S3) dan 40 persen strata dua (S2).

Ia mengatakan, untuk  meningkatkan mutu sumber daya manusia tenaga pengajar tersebut berbagai upaya telah dilakukan Kopertis II. Terkahir pada pertengahan September lalu, Kopertis Wilayah II sudah menandatangan kerjasama dengan Universitas Gadjah Mada guna memberikan dorongan kepada dosen yang memiliki kualifikasi pendidikan yang rendah, agar dapat memiliki meraih gelar doktor dan profesor atau guru besar.

Selain menjalin kerjasama, menurut Slamet Widodo, Kopertis II juga menghimpun informasi tentang kendala yang dialami oleh dosen di PTS untuk melanjutkan pendidikannya, seperti masalah ekonomi, dukungan dari  perguruan tinggi, dan penulisan di jurnal internasional.

Slamet menambahkan, untuk mengatasi kendala masalah ekonomi atau biaya pendidikan, pemerintah telah mempersiapkan beasiswa untuk dosen, seperti beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).  Namun, ia sangat menyayangkan karena tiap tahunnya beasiswa tersebut tidak banyak dimanfaatkan oleh dosen terutama untuk S3.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s