AS – RI Jaga Hubungan Baik Melalui Pendidikan

www.beritasatu.com

Pemerintah Amerika Serikat (AS) berkomitmen terus menjaga hubungan baik dengan Indonesia (RI) dalam jangka panjang, dengan memprioritaskan hubungan antarmasyarakat kedua negara. Langkah konkret adalah melalui program edukasi, dengan mendorong pelajar Indonesia menuntut ilmu di AS. Wakil Duta Besar Amerika untuk Indonesia Bryan McFeeters menyatakan, adanya hubungan antarmasyarakat kedua negara merupakan prioritas.

Ia menyatakan hubungan antarmasyarakat merupakan prioritas utama dalam program hubungan bilateral antara Indonesia dan Amerika, dan berangkatnya pelajar Indonesia untuk berstudi ke Amerika dapat memperkuat hubungan tersebut. Ia mencontohkan, apabila kita mengirim seorang pelajar berusia 22 tahun, dia akan bisa pulang dengan membawa impressions dan memori yang menyenangkan akan Amerika, ia pun akan bisa membuat koneksi internasional yang besifat abadi dengan orang-orang di sana.

Tak hanya itu, Wakil Dubes McFeeters mengatakan bahwa peran pelajar Indonesia di sana tak hanya berhenti sebagai penuntut ilmu saja, melainkan sebagai duta besar negara mereka sendiri yang bisa memberikan informasi menarik mengenai Indonesia kepada warga lokal di sana. Menurut McFeeters, AS menganggap warga Indonesia di sana sebagai duta besar, karena mereka akan bisa menjelaskan berbagai macam budaya, toleransi terhadap agama yang berbeda-beda, nilai-nilai demokrasi dan juga kebebasan berpendapat. Hal itu dianggap penting oleh Wakil Dubes McFeeters karena menurutnya, informasi yang dimiliki oleh warga Amerika mengenai Indonesia masih sangat terbatas.

Saat ini tercatat sekitar 8.500 pelajar Indonesia sedang menuntut ilmu di berbagai negara bagian di penjuru Amerika Serikat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s