Mendikbud: Kemampuan Baca Siswa SMA Masih Setara SMP

Suara Pembaruan, halaman 16

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Muhadjir Effendy mengatakan, kemampuan membaca anak-anak SMA ternyata masih setara dengan tingkat SMP. Rendahnya kemampuan membaca disebabkan minimnya jumlah buku yang diproduksi. Hal ini juga yang menjadi penyebab rendah tingkat pertumbuhan literasi Indonesia dibandingkan negara lain.

Menurut Muhadjir, ketersediaan buku dan minat baca harus seimbang. Jika tidak, akan percuma. Rendahnya minat baca dikalangan masyarakat menjadikan Indonesia sebagai negara dengan minat baca yang sangat rendah. Sebab, berdasarkan penelitian dari Central Connecticut State University awal Maret 2016 tentang Most Literate Nations in the World, menempatkan Indonesia pada posisi 60 dari 61 negara.

Muhadjir sangat mendukung dan mengapresiasi kembali diselenggarakannya Indonesia International Book Fair (IBF) 2016. Hal ini, menurutnya, sebagai bentuk tanggung jawab pemerintah. Sebab sudah saatnya pemerintah mendorong kegiatan perbukuan. Ditambahkan olehnya, untuk menyukseskan program literasi, Ia mengajak semua pihak terlibat, agar kemampuan baca di Indonesia bisa meningkat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s