PAUD Andalkan Masyarakat

Kompas, halaman 11

Saat ini, pendidikan anak usia dini (PAUD) masih sangat mengandalkan peran keluarga dan masyarakat. Padahal, keterlibatan pemerintah yang lebih besar diperlukan guna menjamin pendidikan anak usia dini yang lebih bermutu. PAUD yang berkualitas penting untuk menyiapkan anak-anak memasuki SD. Maka, pemerintah perlu berperan besar dalam mempersiapkan tenaga pendidik PAUD yang profesional.

Ibu Negara yang juga Bunda PAUD Nasional Iriana Joko Widodo dalam acara Anugerah PAUD Tingkat Nasional 2016, di Jakarta, Kamis (29/9), mengatakan, PAUD berkualitas adalah sebuah keharusan. Ia lantas meminta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memperhatikan guru-guru PAUD. Menurut Iriana, sekarang banyak guru PAUD berpendidikan kurang memadai.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effensy menyebutkan, ada lebih dari 190.000 lembaga PAUD formal dan nonformal yang sebagian besar didirikan masyarakat. TK milik pemerintah saat ini berjumlah 3.180 institusi, sedangkan TK swasta lebih dari 25.000 institusi. Dukungan pemerintah pada PAUD salah satunya ditempuh dengan menyiapkan pendidikan berkualitas. Menanggapi permintaan Ibu Negara, Muhadjir mengatakan, guru PAUD akan diberikan kursus jangka panjang.

Secara terpisah, Ketua Umum Pengurus Pusat Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia Netty Herawati mengatakan, peningkatan mutu pendidik PAUD harus segera dilakukan. Dari sekitar 400.000 guru PAUD, baru 26 persen yang berpendidikan sarjana. Mereka juga belum tentu berlatar belakang PAUD. Sekitar 70 persen lain berpendidikan SMP, SMA, dan diploma. Mereka juga minim pelatiha karena guru pada PAUD yang mengandalkan partisipasi masyarakat umumnya bekerja berdasarkan kesukarelawanan. Ia menilai, lewat kursus berjenjang dan bekerja sama dengan perguruan tinggi, hasil belajar guru bisa diakui sebagai kredit. Hal itu menjadi salah satu solusi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s