USAID Hibah Buku, Latih Pemanfaatan 4.896 Buku

www.republika.co.id

Sebanyak 34 orang guru kelas awal, kepala sekolah (kepsek), dan pengawas dari 9 SD/MI yang tergabung pada Gugus 1 Setia Bakti, Aceh jaya, telah menyelesaikan tahapan pelatihan buku bacaan berjenjang selama tiga hari di SDN 11 Setia bakti, Kamis (29/9). Pada kegiatan tersebut, sekaligus dihibahkan sebanyak 4.896 eks buku bacaan berjenjang kepada sekolah.

Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Aceh Jaya Edwar SPd memberikan apresiasi terhadap program USAID Prioritas yang telah menghibahkan buku dan sekaligus memberikan pelatihannya. Menurut Edwar, USAID Prioritas bukan hanya menghibahkan buku saja, tapi juga melatih guru untuk mengerti bagaimana cara pemanfaatannya. Dia juga berharap, buku yang telah dihibahkan tersebut dapat dipergunakan dengan baik oleh sekolah penerima sesuai dengan pelatihan,

Buku Bacaan Berjenjang yang dihibahkan terbagi menjadi 6 kategori buku dengan tingkatan atau jenjang kesulitan. Mulai dari yang sederhana untuk siswa yang baru belajar membaca, sampai yang tingkat kesulitannya semakin tinggi untuk anak yang sudah lancar membaca.

Said Ridha, program asisten B3 USAID prioritas Aceh Jaya mengatakan, dengan dilatihnya guru dan menerapkan metode membaca ini, diharapkan siswa kelas awal bukan hanya mampu mengenal huruf dan membaca, tetapi juga mampu memahami isi bacaan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s