Atasi Problem Putus Sekolah

Kompas, halaman 11

Pemerintah diminta tidak berpuas diri dengan Angka Partisipasi Murni (APM) sekolah dasar (SD) yang mencapai lebih dari 90 persen. Pencapaian itu kurang bermakna karena ternyata masih banyak siswa SD yang putus sekolah dan tidak melanjutkan pendidikan ke SMP. Paka pendidikan dan peneliti evaluasi pendidikan Elin Driana mengatakan bahwa persoalan serius di dunia pendidikan, yakni tingkat pendidikan yang kian tinggi kian susah dinikmati warga kurang mampu. Menurutnya, berdasarkan Survei Sosial Ekonomi Nasional, semakin tinggi jenjang pendidikan, semakin sukar diakses oleh masyarakat ekonomi lemah.

SMP dan SMA sederajat, umumnya terletak di pusat kecamatan dan kabupaten/kota. Siswa yang tinggal di pelosok tidak memiliki uang transportasi untuk bersekolah. Ada pula siswa yang tidak mampu membayar biaya sekolah. Kondisi ini membuat angka putus sekolah cukup besar dan banyak anak yang tidak melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi.

Elin menambahkan, beberapa wilayah memiliki sedikit sekolah negeri, sementara sekolah swasta memungut biaya pendidikan yang dinilai membebani. Karena itu, daripada menyekolahkan anak, orangtua memilih menghemat pengeluaran dan menyuruh anak untuk bekerja.

Sementara itu, Ketua Umum Gerakan Indonesia Pintar Yanti Sriyulianti menekankan pentingnya meningkatkan literasi anak dan orangtua. Level literasi yang baik akan membuat orang memahami manfaat pendidikan. Mayoritas orang hanya mengasosiasikan keterampilan dengan hal teknis. Karena tidak memberi bekal teknis, sistem pendidikan formal pun dianggap tak mengajar keterampilan. Padahal, keterampilan mencakup antara lain, kemampuan orang untuk hidup bermasyarakat dan bernegara, serta mematuhi peraturan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s