Kemendikbud Klaim Distribusi KIP Hampir tuntas

www.republika.co.id

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengklaim penyaluran Kartu Indonesia Pintar (KIP) hampir tuntas. Sebanyak 17.067.951 (95,2 persen) dari total target 17,9 juta KIP diklaim diterima rumah tangga sasaran (RTS). Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Dirjen Dikdasmen) Hamid Muhammad mengatakan bahwa hingga 28 September 2016 sebanyak 17.067.951 (95,2  persen) kartu telah diterima rumah tangga sasaran (RTS).

Ia menyebut, terdapat 765.193 (4,3 persen) kartu masih dalam proses pengiriman. Selain itu, ia melanjutkan, terdapat 94.164 (0,5 persen) kartu yang dikembalikan oleh penerima. Alasannya, penerima tidak dikenal, sudah pindah, dan meninggal dunia.
Ia pun menyebut, ada pula penerima yang menolak menerima KIP karena merasa mampu atau sudah lulus sekolah.

Kemudian, Hamid melanjutkan, berdasarkan data pokok pendidikan (Dapodik), sebanyak 10.793.830 siswa/peserta didik telah mendaftarkan kartunya ke sekolah/lembaga pendidikan. Masing-masing, adalah siswa penerima KIP atau Kartu Perlindungan Sosial (KPS), ataupun yang berasal dari keluarga penerima Kartu Perlindungan Sosial (KPS) dan Program Keluarga Harapan (PKH).

Bagi siswa yang belum mendapat KIP, namun berasal dari keluarga kurang mampu dapat menggunakan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) sebagai syarat pendaftaran penerima KIP di Dapodik. Hamid menyebut, Kemendikbud telah menyalurkan dana KIP pada 10,2 juta siswa. Sementara siswa yang mencairkan dana tersebut melalui bank penyalur, tercatat sebanyak 3,9 juta siswa.

Ia menambahkan, bank-bank yang ditunjuk telah menambah jam operasionalnya. Selain itu, mereka juga mendatangi sekolah yang berada di wilayah terpencil. Serta, memfasilitasi pencairan kolektif bagi daerah yang memenuhi kriteria.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s