KIP Belum Tuntas

Kompas, halaman 12

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mencetak 17,9 juta Kartu Indonesia Pintar (KIP) untuk anak-anak dari keluarga tidak mampu penerima Kartu Keluarga Sejahtera. Hal itu diungkapkan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kemendikud, Hamid Muhammad, di Jakarta, akhir pekan lalu.

Hamid mengatakan, berdasarkan laporan dari penyedia jasa pengiriman KIP, hingga 28 September, sebanyak 17.067.951 (95,2 persen) kartu sudah di tangan penerima. Tercatat 94.164 kartu (0,5 persen) yang dikembalikan penerima. Pengembalian KIP dikarenakan penerima tidak dikenal, pindah tempat tinggal, dan meninggal dunia. Selain itu,  ada juga penerima yang menolak karena merasa mampu dan sudah lulus sekolah.

Namun demikian, lanjut Hamid, ada pula 765.193 kartu (4,3 persen) yang masih dalam proses pengiriman. Pihaknya menargetkan pengiriman tuntas pada 30 Oktober. Hamid meminta siswa yang sudah menerima KIP diminta segera melapor ke sekolah/lembaga pendidikan non formal karena mereka bisa mendapat dana untuk tahun 2016.

Penerima KIP yang sudah mendaftar ke sekolah dan terdata di Data Pokok Pendidikan (Dapodik( sebanyak 10.793.830 orang. Kemendikbud sebenarnya sudah menyalurkan dana untuk 10,2 juta siswa. Namun, siswa yang mencairkan di bank penyalur baru 3,9 juta orang karena terkendala kapasitas bank dalam melayani pencairan di daerah-daerah yang jauh dari akses perbankan.

Sementara itu, Ketua Umum Gerakan Indonesia Pintar, Yanti Sriyulianti, mengatakan, diperkikarakan masih banyak warga usia 6-21 tahun yang  belum terdata sebagai penerima KIP. Ada sekitar 5,7 juta anak dari program Keluarga Harapan Kementerian Sosial (Kemensos) yang belum dimasukkan sebagai penerima KIP. Oleh sebab itu, pihaknya menyarankan agar Kemendikbud, dan instansi pemerintah lainnya duduk bersama untuk mencocokkan data.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s