Posisi Pendidikan Turun

Kompas, halaman 13, Sabtu, 1 Oct

Menurunnya Daya Saing Global Forum Ekonomi Dunia antara lain karena dipicu oleh penurunan partisipasi pendidikan dasar (7-12 tahun). Indeks daya saing global ini disusun berdasarkan 12 pilar, meliputi antara lain pendidikan dasar dan kesehatan. Dalam periode 2014-2017, Indeks Daya Saing Global Indonesia menempati peringkat ke-41, turun dari peringkat ke-37 pada periode sebelumnya. Indeks yang menelisik 138 negara tersebut mengukur capaian bidang pendidikan dasar dengan menghitung jumlah angka partisipasi murni (APM).

Dalam indeks itu, persentase anak Indonesia berusia 7-12 tahun yang duduk di bangku SD sederajat menurun. Untuk periode 2016-2017, indeks menyatakan hanya 89,7 persen anak usia 7-12 tahun yang bersekolah (peringkat ke-106). Padahal, di periode 2015-2016 ada 92,2 persen (peringkat ke-80).

Kepala Biro Perencanaan dan Kerja Sama Luar Negeri Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Suharti mempertanyakan sumber serta metode perhitungan yang digunakan oleh Forum Ekonomi Dunia. Menurut Suharti, data mereka bertentangan dengan data pemerintah. Data Kemdikbud 2015-2016 menyebutkan, 93,4 persen anak berumur 7-12 tahun bersekolah. Adapun data Badan Pusat Statistik menyatakan, APM SD 2015 adalah 96,7 persen.

Sementara itu, Kepala Subdirektorat Pendidikan Tinggi Bappenas Amich Alhumami mengatakan, apa yang dihasilkan indeks itu tidak serta merta menunjukkan bahwa pembangunan Indonesia merosot. Salah satu aspek yang patut diperhatikan adalah kecepatan pembangunan, termasuk bidang pendidikan. Negara-negara yang menyalip Indonesia memiliki pertumbuhan pendidikan yang lebih cepat. Menurut Amich, hal itu terkait pada jumlah penduduk serta persebaran geografis yang kemungkinan tidak sebesar dan serumit Indonesia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s