Biaya Kuliah Berkontribusi pada Inflasi Bulan September

www.tempo.co

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat inflasi naik 0,22% dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) di level 125,41 pada September 2016. Kepala BPS Suhariyanto mengatakan inflasi masih terkendali meski terjadi peningkatan dari  deflasi Agustus lalu. Di bulan Agustus, BPS mencatat deflasi sebesar 0,02% akibat turunnya beberapa harga, seperti bahan makanan dan tarif angkutan umum, seusai lebaran.

Menurut Suhariyanto, salah satu pendukung inflasi September ini dikarenakan adanya kenaikan harga di beberapa kelompok pengeluaran. Inflasi paling tinggi terjadi di kelompok pendidikan, yang dipicu oleh kenaikan biaya perkuliahan dan kelompok rekreasi dengan kenaikan sebesar 0,52%. Pendukung inflasi kedua tertinggi ialah pada kelompok makanan, minuman, rokok, dan tembakau yang mengalami inflasi sebesar 0,34%.

BPS berharap inflasi tetap terkendali selama tiga bulan ke depan, sehingga target inflasi tahun ini akan tercapai. Bank Indonesia menargetkan inflasi 3-5 persen pada tahun ini. Sejak Januari hingga September, tingkat inflasi tercatat sebesar 1,97%, secara signifikan lebih rendah dibandingkan dengan Januari- September 2015 yang tercatat sebesar 3,07%.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s