USAID Mencari Ilmuwan Indonesia untuk Bergabung dalam Program Penelitian

www.jakartaglobe.beritasatu.com

The United State Agency for International Development (USAID) mengundang para ilmuwan Indonesia untuk mengajukan diri dalam program Partnership for Enhanced Engagement in Research (PEER) yang merupakan program bantuan untuk melakukan penelitian bersama dengan ilmuwan Amerika Serikat.

USAID akan menyediakan dana terkait dua topik penelitian yaitu dalam rangka memperkuat ilmu pengetahuan, teknologi, teknik dan matematika (STEM) di tingkat sekolah dan universitas, dan punahnya keanekaragaman hayati dan kebijakan mengenai perdagangan satwa liar.

Chargé d’Affaires Brian McFeeters mengatakan, Amerika Serikat dengan senang hati  mendukung kemitraan peneliti Amerika dan Indonesia yang tertarik untuk mengkaji tentang pentingnya kesehatan, lingkungan, dan tantangan lainnya. McFeeters menjelaskan bahwa penelitian bersama ini akan mencari solusi serta terobosan dengan menggunakan ilmu pengetahuan, teknologi dan berbagai inovasi dengan tujuan memajukan pembangunan Indonesia.

Bantuan PEER bertujuan untuk mendukung para ilmuwan yang memiliki masalah finansial dalam penelitian mereka tentang isu-isu pembangunan sebagai prioritas peneliatannya yang terdapat di 63 negara, termasuk Indonesia, dengan harapan memberikan kontribusi kembali terhadap pembangunan negara mereka. Di Indonesia, telah diberikan bantuan sebesar US$ 2.600.000 kepada para peneliti lokal melalui program PEER.

Selama 6 tahun, program ini telah mendanai 43 proyek penelitian di Indonesia, dengan berbagai topik mulai dari mitigasi perubahan iklim terhadap penyakit hingga tentang ilmu pendidikan.

Pendaftaran untuk program bantuan PEER ini akan dibuka kembali pada tanggal 3 Oktober, dengan penerimaan proposal paling lambat pada tanggal 13 Januari 2017.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s