Barito Utara Masih Kekurangan 500 Guru

www.antaranews.com

Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, kini masih kekurangan sekitar 500 guru dari berbagai tingkatan sekolah. Kepala Dinas Pendidikan Barito Utara, Elpi Epanop mengatakan, kekurangan tenaga pengajar terjadi karena relatif banyak sekolah sistem satu atap yang masih membutuhkan tenaga guru, sedangkan pada sisi lain sejumlah guru justru telah memasuki masa pensiun.

Ditambah pula beberapa tahun terakhir tidak ada penerimaan tenaga CPNS baru untuk tenaga guru, sehingga memberi pengaruh terhadap jumlah kekurangan tenaga guru di daerah ini. Pihaknya berharap. tahun depan akan ada penerimaan CPNS untuk tenaga guru, guna mengisi kekurangan tenaga guru di sekolah-sekolah yang ada di desa pedalaman.

Terkait sebaran guru, dia mengakui bahwa di wilayah Kabupaten Barito Utara tergolong belum merata atau berlebih di ibukota kabupatan dan kota, sementara di pedesaan kurang. Pemerataan sebaran guru di daerah ini merupakan tantangan, sebab guru-guru sudah banyak yang menetap dengan keluarganya, baik di dalam kota maupun di ibu kota kecamatan.

Akan tetapi, lanjut Elpi, saat ini, dengan adanya program sertifikasi guru, sebagian guru yang semula bertugas di sekolah yang ada di dalam kota dengan kemauannya sendiri, meminta untuk dipindahkan ke sekolah yang membutuhkan tenaga guru di desa. Hal itu dilakukan para guru untuk memenuhi target jam mengajar sertifikasi, sesuai dengan aturan yang berlaku yakni 24 jam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s