Meski Ditolak DPD, Mendikbud Tetap Lanjutkan Full Day School

Suara Pembaruan, halaman 17

Dewan Perwakilan Rakyat (DPD) RI Komite III menolak gagasan penambahan jam sekolah atau full day school (FDS). Mereka mempertanyakan landasan apa sehingga kebijakan FDS muncul. Mendikbud Muhadjir Effendy mengatakan, pihaknya akan tetap mantap dalam menerapkan penambahan jam sekolah. Ia mengaku, sejak ditunjuk jadi Mendikbud, ada empat hal yang harus diselesaikan, yaitu meliputi (1) pendidikan vokasi, (2) Percepatan dan ketepatsasaran program Kartu Indonesia Pintar (KIP), (3) Pentingnya implementasi revolusi mental di wilayah pendidikan, dan (4) semua bagian dari sektor pendidikan ditata agar lebih efisien, terutama pada masalah pemanfaatan anggaran.

Muhadjir mengatakan, terkait penguatan karakter, pihaknya tidak akan mengubah K-13. Namun akan menambah dalam bentuk kokurikuler yang disebut dengan program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Muhadjir menyatakan kegiatan kokurikuler akan melibatkan kekuatan yang ada di sekolah dengan mengutamakan keunggulan dan kearifan lokal. Pihaknya akan memanfaatkan untuk mengembangkan PPK. Selain itu, Kemendikbud akan meminta para budayawan dan seniman untuk membantu dalam penambahan jam sekolah ini untuk penguatan karakter.

Dijelaskan Muhadjir, PPK bertujuan untuk mengoptimalkan keterlibatan murid. Untuk itu, ia akan mengubah paradigm terkait PPK dengan mengubah perilaku guru, revitalisasi peranan kepala sekolah dan revitalisasi komite sekolah.

Menurutnya, paradigma harus diubah guna terciptanya sekolah yang menyenangkan, dengan tujuan anak akan betah berada di sekolah. Selanjutnya, untuk penerapan PPK, Muhadjir mengatakan, pihaknya telah memiliki peta jalan PPK. Pematangan konsepnya akan dilakukan pada Oktober hingga Desember 2016 dengan uji coba tahap satu dan dua. Berdasarkan peta jalan, tahap satu aka nada 42 sekolah yang menerapkan PPK. Sedangkan tahap dua aka nada 500 sekolah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s