Penyerapan untuk Kursus Sangat Minim

Kompas, halaman 12

Pemanfaatan Kartu Indonesia Pintar (KIP) untuk mengikuti pendidikan kesetaraan dan kursus sangat sedikit. Baru sekitar 17.000 penerima yang memanfaatkannya dari sekitar 4,1 juta kartu yang dicetak untuk pendidikan di luar sekolah. Direktur jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Harris Iskandar mengatakan, KIP dapat digunakan bagi penerima yang berusia 6-12 tahun yang berada di pendidikan kesetaraan (Paket A/SD, Paket B/SMP, dan Paket C/SMA), lembaga kursus dan pelatihan, serta balai latihan kerja.

Menurut Harris, momentum pemberian KIP harus dimafaatkan dengan baik. Ada kesempatan untuk meningkatkan pendidikan dan keterampilan bagi mereka yang tidak bersekolah formal. Harris mengatakan, basis pendataan yang dipakai berasal dari tahun 2011. Pengiriman KIP dilakukan langsung ke rumah tangga sasaran.

Dalam lima tahun, lanjutnya, terjadi banyak perubahan. Tidak mudah untuk bisa menemukan kembali mereka yang awalnya teridentifikasi sebagai kelompok sasaran. Pihaknya meminta dinas pendidikan, lembaga pendidikan kesetaraan, hingga lembaga kursus membantu mengajak mereka yang memenuhi syarat untuk mendaftar.

Ketua Umum Gerakan Indonesia Pintar Yanti Sriyulianti mengatakan, anak usia 6-12 tahun yang putus sekolah hendaknya mendaftar ke pendidikan kesetaraan, lembaga kursus, atau balai latihan kerja terdekat. Mereka harus dibantu supaya dapat mengakses program pemerintah ini dengan didaftarkan ke dinas pendidikan. Bagi anak putus sekolah atau belum pernah bersekolah perlu disediakan layanan khusus jika tidak memungkinkan pergi ke sekolah akibat hambatan sosial, geografis, dan ekonomis. Yanti menjelaskan, dari data Program Keluarga Harapan Kementerian Sosial, ada 5,7 juta anak yang perlu dibantu. Ada dari mereka yang putus sekolah atau tidak pernah bersekolah. Mereka harus dijamin mendapat KIP. Bagi anak yang tidak mau sekolah lagi, pendidikan vokasinya diperkuat secara nonformal

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s