Fokus pada Perbaikan Mutu

Kompas, halaman 12

Penambahan jumlah sekolah dan ruag kelas tidak otomatis memperbaiki mutu pendidikan. Sudah saatnya mengubah fokus kebijakan pada peningkatan mutu seluruh jenis pendidikan, formal dan nonformal. Lant Pritchett, Profesor Bidang Pembangunan International Kennedy School of Government Universitas Harvard, AS, ketika memberi kuliah umum di Universitas Negeri Jakarta, Rabu (5/10) mengatakan, dalam kasus Indonesia, mutu sekolah-sekolah terbaik ternyata belum mencapai standar rata-rata mutu pendidikan global. Tandanya, ada yang keliru dalam keseluruhan sistem pendidikan nasional sehingga tidak membawa kemajuan signfikan.

Penyebab masalah itu, mulai dari penyusunan kurikulum, persiapan guru, hingga pembentukan ekosistem pendidikan yang tidak memberi nilai tambah. Pritchett menambahkan, kalau begitu, wajar ada siswa yang memilih putus sekolah karena sekolah dianggap tidak memberikan ilmu yang dibutuhkan dalam kehidupan.

Intervensi yang mesti dilakukan adalah menuangkan tujuan pendidikan nasional ke dalam indikator terukur dalam setiap jenjang pendidikan. Indikator ini harus disesuaikan dengan kemampuan guru mendidik di lapangan. Jangan sampai persyaratan yang diberikan terlalu tinggi, sementara orang-orang yang terlubat di dalam proses pendidika tidak diberi pembekalan.

Guru Besar Pendidikan Universitas Negeri Jakarta Fasli Djalal yang bertindak selaku moderator mengemukakan pentingnya keberadaan ruang-ruang inovasi bagi guru, tenaga kependidikan, dan sistem pendidikan tersebut. Hal yang patut dipertahankan adalah indikator capaian serta standar metode harus mengikuti persyaratan nasional. Sayangnya, di lapangan, banyak guru ataupun pengawas yang takut melakukan improvisasi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s