Tahun Depan, 12 Politeknik Negeri Akan Direvitalisasi

www.okezone.com

Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) akan merevitalisasi 12 politeknik negeri untuk memperkuat pendidikan vokasi di jenjang perguruan tinggi. Beberapa negara juga telah digandeng untuk memfokuskan politeknik tersebut ke suatu bidang tertentu.

Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Mohammad Nasir mengatakan, ditargetkan pada 2017, 12 politeknik akan direvitalisasi. Pihaknya menjalin kerjasama dengan Jerman, Belanda, Taiwan, Kanada, dan Swiss. Tak hanya merevitalisasi, Nasir mengungkapkan, ke depan pengajar politeknik tak hanya dari kalangan akademisi melainkan juga dari industri. Oleh sebab itu, bagi yang dari industri dan belum S-2 (jenjang master) akan ada kualifikasi kompetensi terlebih dahulu.

Revitalisasi politeknik sendiri dilakukan dengan membuat bidang khusus sebagai keunggulan suatu institusi. Hal ini sesuai instruksi Presiden Joko Widodo, karena sampai saat ini tenaga teknik di Indonesia sebagai motor dari industri masih kurang, baik itu dari sisi jumlah maupun mutu. Nasir menambahkan politeknik yang masih umum akan dikhususkan pada bidang tertentu misalnya politeknik khusus pertambangan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s