UGM Masuk Tiga Besar Dunia dalam Kompetisi Tantangan Inovasi Pangan

www.jakartaglobe.beritasatu.com

MINO Microbubbles dari Universitas Gadjah Mada (UGM) terpilih sebagai salah satu dari tigas finalis dalam ajang kompetisi Tantangan Inovasi Pangan Internasional.  Ajang tersebut diselenggarakan oleh Young Southeast Asian Leaders Initiative (YSEALI) bekerja sama dengan Badan Pembangunan Internasional AS (USAID). Dalam ajang itu, mahasiswa ditantang untuk memberikan solusi di bidang pertanian, akuakultur, dan perikanan.

Dalam presentasinya, tim tersebut memaparkan mengenai pengaruh peningkatan jumlah oksigen terlarut dalam air untuk mempercepat pertumbuhan ikan. Hasil tes yang dilakukan oleh anggota tim, Muhammad Febrian Ramadhani, menunjukkan potensi untuk mempersingkat waktu rata-rata panen ikan nila hingga 62 persen.

Kuasa Usaha Ad-Interim Kedubes AS Brian McFeeters memuji solusi teknologi canggih yang telah diberikan tim mahasiswa UGM tersebut.

McFeeters mengatakan, teknologi pengolahan air yang ditemukan dan dikembangkan para inovator UGM tersebut akan membantu para peternak ikan nila meningkatkan hasil panen mereka, yang pada gilirannya akan meningkatkan pendapatan para peternak dan meningkatkan ketahanan pangan.

Sementara, tim dari negara lainnya yang masuk dalam tiga besar dunia adalah Kamboja dan Malaysia.

Pada bulan Juli lalu ketiga tim finalis tersebut mengikuti pelatihan boot camp khusus untuk mendapatkan bimbingan dari raksasa teknologi Cisco dan Intel.

Mereka akan mempresentasikan eksperimen mereka dalam acara Pertemuan Para Menteri Ilmu Pengetahuan dan Teknologi di negara-negara anggota ASEAN pada akhir Oktober ini, dan berkesempatan untuk memenangkan perjalanan studi ke Austin, Texas AS, pada bulan Maret 2017. Dalam acara pertemuan tersebut, tepatnya pada 28 Oktober 2016, akan sekaligus menjadi ajang pengumuman pemenang kompetisi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s