Fungsi Perguruan Tinggi Tidak Hanya Mengajarkan Teori

Suara Pembaruan, halaman 17

Dirjen Sumber Daya Iptek Dikti, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), Prof Ali Ghufron Mukti, mengatakan, perguruan tinggi tidak hanya menjalankan fungsi pokok mengajarkan teori pada anak didik. Namun itu harus diimbangi dengan praktik. Pasalnya, industri akan menyerap tenaga kerja yang memiliki kemampuan mengaplikasikan teori. Ghufron menyebutkan, sejauh ini masih banyak perguruan tinggi (PT) yang pembelajaran teorinya tidak seimbang dengan praktik. Hal ini terlihat dari masih banyak lulusan yang tidak terserap di lapangan kerja karena tidak berdaya saing. Padahal, tugas PT adalah mengarahkan mahasiswa agar berorientasi pada kewirausahaan.

Selain praktik, Ghufron juga mengatakan, dalam meningkatkan SDM berdaya saing tinggi, PT harus menanamkan karakter dan moral. Sebab, sebuah bangsa akan maju jika memiliki SDM yang berbudaya, berkarakter, dan bermoral.

Dijelaskan Ghufron, dengan memiliki budaya dan karakter yang baik, lulusan PT dapat bekerja tuntas dan disiplin, serta tidak mudah menyerah menghadapi tantangan. Oleh karena itu, PT harus membangun karakter anak didik sedini mungkin. Ghufron menambahkan, dalam mengaplikasikan Tri Dharma perguruan tinggi, segala hasil riset harus dapat berkontribusi bagi masyarakat.

Lebih lanjut lagi, Ghufron juga mengatakan, persoalan pendidikan Indonesia yang menjadi salah satu kendala peningkatan daya saing adalah dosen. Masih banyak dosen yang berijazah S1. Padahal berdasarkan peraturan Dikti, dosen harus minimal S2. Di Indonesia masih kekurangan dosen S2, dan jumlah guru besar yang masih amat sedikit. Minimnya jumlah professor menyebabkan jumlah publikasi karya ilmiah sangat rendah dibandingkan dengan negara lain. Bahkan Indonesia tertinggal jika dibandingkan dengan negara ASEAN seperti Singapura dan Malaysia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s