Tingginya Angka Putus Sekolah Masalah Serius

Kompas, halaman 1

Tingginya angka putus sekolah pada jenjang SD-SMP saatnya dipandang sebagai masalah serius  dalam konteks daya saing bangsa. Diperlukan kerja keras pemerintah pusat dan daerah agar angka putus sekolah tidak menjadi klasik dalam pemetaan sumber daya manusia Indonesia. Pembantu Rektor Univeritas Negeri Jakarta Bidang Akademik Rantoni Luddin mengingatkan, anak-anak yang putus sekolah saat ini, pada 5 – 10 tahun mendatang akan menggerus makan bonus demografi.

Menurut Muchlis, seharusnya, pada tahun 2020-2030 Indonesia menuai nilai positif dari anak-anak yang tumbuh jadi penduduk usia produktif itu. Namun, dengan kondisi pendidikan dasar mereka yang gagal, Indonesia malah menuai persoalan. Berdasarkan data Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada 2015/2016 saja, ada 1,014 juta anak putus sekolah di SD dan tidak melanjutkan ke SMP. Data itu relevan dengan peta tenaga kerja indonesia yag menunjukkan 40 persen berpendidikan setara SD. Muchlis menilai, “saldo” angka putus sekolah yang muncul setiap tahun itu ibarat “borok” dalam daya saing bangsa.

Wakil Ketua Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia Satryo Soemantri Brodjonegoro menilai, masih adanya anak yang tak menuntaskan wajib belajar 9 tahun merupakan kegagalan negara. Pendidikan dasar-menengah harusnya ditanggung pemerintah. Ia mengingatkan, Indonesia bukan hanya menghadapi masalah anak putus sekolah di SD saja. Mutu pendidikan SD kita juga masih menjadi persoalan.

Sementara itu, Direktur Pendidikand an Agama Bappenas Hadiat menegaskan, peningkatan SDM lewat pendidikan tetap jadi komitmen pemerintah. Dari wajib belajar 9 tahun mulai ditingkatkan hingga 12 tahun. Ia mengatakan, mungkin hasil dari intervensi pemerintah dalam perluasan akses dan kualitas terlihat lamban, tapi ini karena cakupan pembiayaan pendidikan sangat lebar, dari segi populasi siswa, guru, dan sekolah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s