542 Sekolah Ditunjuk Jadi Sekolah Pendidikan Karakter

Koran Sindo, halaman 5

Pemerintah menunjuk 542 sekolah sebagai rujukan program pendidikan karakter (PPK). Revitalisasi sistem pembelajaran dan kearifan lokal dipadukan dalam PPK ini. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengatakan, PPK dilaksanakan dengan sebaran dari Provinsi Aceh hingga Provinsi Papua yang berjumlah 42 sekolah di 22 provinsi. Jumlah akan bertambah lagi pada November sebanyak 500 sekolah di 34 provinsi.

Muhadjir mengtakana, pendidikan karakter merupakan upaya revitalisasi manajemen berbasis sekolah. Mereka yang berperan serta ialah kepala sekolah, guru, komite sekolah, dan peran serta aktif orangtua siswa. PPK lebih memperhatikan harmoni etika, estetika, kinestetik, dan olah pikir melalui literasi baca, tulis, hitung. Harmonisasi tersebut diimplementasikan dalam keteroaduan intrakurikuler, kokurikuler, ekstrakurikuler, dan nonkurikuler untuk mewujudkan karakter baik siswa.

Nilai-nilai utama karakter yang dapat ditumbuhkan adalah religius, nasionalis, mandiri, gotong-royong, dan integritas serta dapat juga disesuaikan dengan nilai-nilai kearifan lokal daerah masing-masing.

Sementara itu, Wakil Ketya Komisi X DPR Sutan Adil Hendra berpendapat, revolusi mental membutuhkan implementasi yang lebih sistemik menyeluruh dan lintas sektor serta jauh dari usaha pencitraan yang kurang bernilai. Pasalnya, hingga saat ini revolusi mental masih jauh dari implementasi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s