Akses Pendidikan Terkendala

Kompas, halaman 1, Sabtu, 8 Okt

Upaya menjaring warga miskin yang tidak bersekolah lagi melalui Program Indonesia Pintar terkendala. Dari 4,5 juta warga miskin yang disasar Kartu Indonesia Pintar (KIP) untuk jalur pendidikan nonformal tahun 2016, baru 17.000 orang yang menerima kartu itu. Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Harris Iskandar mengatakan, kendala utama penyaluran KIP adalah sulitnya menemukan domisili warga sasaran berusia 6-12 tahun tersebut. Mereka umumnya tersebar di daerah terpencil. Menurut Harris, rata-rata anak-anak itu tidak berada di rumah karena sudah bekerja.

Warga yang dimaksud Harris tersebut adalah bagian dari 25 persen warga termiskin di negeri ini yang tidak bersekolah lagi berdasarkan data terpadu Program Penanganan Fakir Miskin 2015 oleh Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan. Mereka diproyeksikan mengikuti jalur pendidikan nonformal, yakni Pusat Kegiatan Belajar  Masyarakat (PKBM) ataupun kursus.

Kepala Seksi Pendidikan Berkelanjutan Direktorat PAUD dan Pendidikan Masyarakat Kemdikbud Subi Sudarto mengatakan, meski nama-nama mereka terdaftar di pemerintah, anak-anak putus sekolah itu sukar ditemukan di alamat rumah mereka. Banyak di antara mereka sudah bertebaran di tempat lain tanpa mengubah alamat domisili. Dibutuhkan kerja sama dari aparat pemerintah daerah untuk benar-benar turun ke lapangan (blusukan) untuk mencari mereka.

Kemdikbud menargetkan pada 2019 di setap desa terdapat layanan PKBM. Menurut Harris, usulan yang muncul adalah menggunakan ruangan kelas di luar waktu sekolah atau di balai desa. Sebetulnya, kata Harris, kondisi tahun ini membaik dibandingkan tahun lalu. Berdasarkan data Kemdikbud tahun 2015, hanya 12.290 penduduk usia 6-12 tahun yang terdaftar di PKBM yang terdiri dari Kejar Paket A, B, dan C serta tempat kursus yang menerima KIP. Kelompk belajar paket dirancang menampung maksimal 15 rombongan belajar untuk Paket A, 25 orang untuk Paket B, dan 30 orang untuk Paket C.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s