Kuota Bidikmisi Swasta Berpeluang Ditambah

Republika, halaman 5

Direktur Jenderal (Ditjen) Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Kementerian Riset Teknologi dan Perguruan Tinggi (Kemenristedikti) Intan Ahmad mengatakan, kuota beasiswa Bidikmisi untuk perguruan tinggi swasta (PTS) ada kemungkinan untuk ditambah. Saat ini, pemerintah menyediakan sebanyak 10 ribu kesempatan beasiswa Bidikmisi bagi mahasiswa PTS. Menurut Intan, kuota tersebut memang lebih sedikit dibandingkan kuota Bidikmisi untuk mahasiswa di perguruan tinggi negeri (PTN). Tahun ini, pemerintah memberikan kesempatan bagi sekitar 65 ribu mahasiswa PTN yang layak mendapatkan beasiswa Bidikmisi.

Intan mengatakan meski terpaut cukup banyak, bukan berarti nanti ada pengalihan kuota dari PTS ke PTN maupun sebaliknya. Jika dibutuhkan, mungkin nanti kuota bagi PTS akan ditambah lagi. Saat ini informasi mengenai kuota beasiswa Bidikmisi bagi PTS telah disebarkan kepada Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) wilayah I hingga XIV. Data calon penerima beasiswa Bidikmisi pun belum dapat dipastikan mengingat pendataan masing-masing Kopertis belum terselesaikan.

Mengenai peminat beasiswa Bidikmisi baik dari kalangan PTN maupun PTS, Intan mengaku jumlahnya masih banyak. Meski demikian, pihaknya belum akan mengambil langkah menaikan nominal beaiswa. Saat ini, penerima beasiswa Bidikmisi menerima biaya hidup Rp 600 ribu per bulan dan biaya pendidikan Rp 2,4 juta per semester.

Sekretaris Ditjen Belmawa Kemenristekdikti, Sutrisna Wibawa, menekankan, tujuan diselenggarakan beasiswa Bidikmisi untuk meningkatkan kesempatan belajar di perguruan tinggi bagi peserta didik yang tidak mampu secara ekonomi dan berpotensi secara akademik. Dengan cara memberikan bantuan biaya pendidikan kepada mahasiswa yang memenuhi kriteria untuk menempuh pendidikan program diploma atau sarjana sampai selesai tepat waktu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s